Senin, 07 April 2008

Cerpen 2

...Di siang bolong yang bener-bener bikin bolong..karena panas buanget. Marko dan sahabatnya, Alan, terlihat asyik berpanas-panas bersama kompor minyak "Emak si Marko". Sebenarnya ini bukan acara "Membantu Ibu di Dapur", tetapi merupakan hukuman yang di peruntukkan bagi Marko karena semalam tidak pulang ke rumah tanap seijin Emak. Dan bagi Alan, hanya sekedar membantu karena kasihan melihat sahabatnya bergulat dengan penggorengan yang panas. Udah gitu, ditunggui lagi sama Emaknya sambil duduk di kursi sambil melepas rindu...eh melepas lelah.

"Hari ini panas banget ya, Mar"
"Iya nih, makannya aku nafsu banget liat es cendol warung sebelah. Penginnya beli, tapi, tau sendiri kan, emakku paling trauma sama yang dingin-dingin semenjak kena rematik. Jangankan ngeliat, menciumpun enggan....hasilnya di rumah Marko semuanya tersaji dalam keadaan hangat...

Berangkat dari kata panas inilah mereka terlibat obrolan yang seru. Setelah acara memasak selesai, mereka pindah berpanas-panas di sebelah tali jemuran...sambil menyulut roknya..eh rokoknya...si Alan memulai obrolan mereka.

"Mar, menurut kamu panas itu baik atau buruk"
"Ya tergantung, kalo air panas buat nyiram tanaman jelas enggak baik, tapi kalo buat ngopi ya cocok. Terus bule sengaja berjemur supaya bisa coklat. Nah, kalo kita ya jelas tambah gosong," ungkap Marko sambil mengepulkan asap rokoknya.
"Tapi walaupun baik, kalau terlalu panas, jadi enggak baik, kan?" Ngopi terlalu panas bisa bikin lidah sakit, atau kalau kelamaan berjemur bisa sakit kulit."
"Baik atau buruk bagi siapa dulu, Lan"...Kalu lidah atau kulit sakit berarti rejeki buat dokter kulit, kan"...

Belum selesai obrolan mereka, tiba-tiba terdengar Emak si Marko datang sambil bernyanyi-nyanyi atau tepatnya berteriak-teriak....
"Marko, kamu kira-kira dong! meski emak ga suka yang dingin2 tapi itu motor jng di jmur di halaman. Kalo catnya mengelupas masih mending, tapi kalo sampai mencair atau menyublim, emak kan rugi"

Mendengar "motor di jemur" Marko langsung kaget, dan untung tidak pingsan..
"Aduh ampun. Kenapa lo enggak ngingetin kalau aku td kuliah dua sesi?"
Sebelum Alan bisa mengerti ucapan Marko, bayangan Marko udh lenyap dari pandangan Alan buat nolongin si Hondi, panggilan akrab motor si Marko.

Tak sampai lima menit, Marko udh nongol disertai mengomel..."Gila berarti si Hondi hampir 5 jam kejemur"
Ya, itulah nasib Hondi, walopun ga kuliah di lapangan bola, tapi di kampus Marko yang bgitu megah, Si Hondi ya tetap motor yang mesti ngumpul dg temannya di tempat parkir kampus yang boleh dibilang brsahabat dengan alam. Sehingga matahari dan hujan bisa leluasa akrab bercengkrama dengan Hondi.

"Kalo orang item dijemur, pasti tambah item, tapi kalo Hondi yg item catnya dijemur terus-terusan, bisa jadi ntar lebih putih motornya drpd empunya motor."
Sebelum Alan balik berkomntar, tiba2 gerombolan si Mendung dan Angin Kencang datang, sehingga merepotkan Marko dan Emaknya utk menyelamatkan jemuran...
Sambil ngliat atraksi Lompat Katak Marko dan Emaknya dalam menyambut hujan...Alan pun berusaha berpikir dari apa yang barusan terjadi..
"Kalo ada satu motor kepanasan udah ada satu orang yang berteriak dan satu orang mengomel. Berarti jika ada ratusan motor kepanasan dan kehujanan di tempat yg sama, maka dapat dibuat Paduan Suara Mengomel yang tentu tidak merdu sama sekali," gumam Alan.
Lalu kalo ratusan motor itu kepanasan, kemudian kehujanan, dan kepanasan lagi, apa yg bakal terjadi...Alan pun menanyakannya ke Marko..
"Ya, jadi capek" jawab Marko...karena habis mengomel mreka harus membersihkan motornya biar tidak karatan....

Title: Jadi Capek (Majalah Konjungtur AtmaJaya Jogja/Edisi 5/V/Desember 1998)
*Munir sengaja diganti dg nama Marko...untuk menghormati tokoh Munir yg sampe skr kasusnya msh belum menemui titik terang

3 komentar:

  1. wah mba christy ini cerpenis juga to..

    BalasHapus
  2. kira2 nanti cerpennya sampe ke 100 gak ya.. Eh knp gak coba bikin novel (serius nih)... sapa tau bisa jd side job?? :)

    BalasHapus
  3. asyik... sekarang nulis cerpen nih.
    oya mbak, kalo blogku yang kemarin itu ceritanya kena hack orang nakal. coba deh liat gmbarnya jadi kayak gitu. Saya jadi miris melihatnya. Coba masuk kesana tapi gak bisa karena pasword dirubah.
    Dan hari ini saya baru tahu kalo bannernya juga dirubah. jadi sebel bgt. bisa bantu gak, mbak?

    BalasHapus