Jumat, 04 April 2008

Cerpen 1

...Ketika matahari telah tersenyum lebar, selebar pulau-pulau si Apri yang masih ngelungker di kasurnya yang konon angker karena hampir dua semester engga kejemur. Padahal biasanya saat mentari masih selimutan, Apri udah berkokok nyaring meski hari libur sekalipun. Tapi saat ini dia lagi dongkol, hingga semalem sepulang nganterin Prita ke mall buat beli sepatu, tekadnya sangat bulat buat molor seharian..

..Yah, semenjak Prita pulang dari Jakarta untuk ngabisin libur semesteran di kampung tercinta, semua jadwal liburan Apri yang sudah tersusun begitu rapinya jadi kacau balau. Rencana pertama ngajak Prita ke Cafe untuk nyantai plus melepas penat, berganti acara nganterin Prita ke temen SMU-nya. Rencana ngajak nonton, mumpung ada film baru "Rayuan Maut" yang dibintangi si Jupri pujaannya, eh diganti Prita ke ultahnya si Meli. Terus rencana ketiga, maen basket bareng Budi, si bintang basket kampus, gagal total karena Prita malahan ngajak ke mall buat....Belum selesai Apri ngitung kedongkolannya..bu Sarah, maminya Apri, nggedor-gedor pintu pakai sapu sambil nenteng panci.

"...Apri...ayo bangun, udah siang tahu!..Rejeki dipatok ayam baru tau rasa kamu!"
Belum sampai Apri benar-benar bangun, muncul Sekar adik Apri satu-satunya yang baru enam taon jalan.

"Mi, rambut Sekar dikasih pita, dong!"
Mendengar rengekan si putri bungsunya..akhirnya upaya menyergap si sulung Apri tertunda sementara waktu. Hasilnya Apri membenahi lagi posisinya di kasur.

Tapi tiba-tiba...
"..Kak..temenin Sekar maen boneka, dong"
"Hah...mosok pagi-pagi maen boneka, sih?"
Walaupun Apri menolak sehalus mungkin, tapi dasar adiknya yang terkenal cengeng banget, langsung aja nangis sambil ngadu ke Mami.
"Mamiiiii...kakak nakal nih!"

Mami yang semula lupa kalo Apri belon bangun, begitu mendengar jeritan Sekar, langsung aja melesat ke kamar Apri sambil bawa ember.
"Ayo, bangun ga?..Kalo ga mami mandiin disini...Kamu kan udah janji nganterin Sekar ke tempat nenek"..

Mendengar kata "nenek" langsung aja Apri ngibrit ke kamar nenek..eh ke kamar mandi. Sebenarnya bukan karena dia kangen nenek, tapi rumah nenek memberi inspirasi baru buat menyingkir sementara waktu dari Prita.
"Mi, boleh nginap ga?"
"Hah..nggak salah nih, kamu pingin nginep. Biasanya kamu kan paling ogah-ogahan ke tempat nenekmu!"
"Idih mami, jangan matahin semangat Apri buat kesana dong"

Akhirnya berangkat juga Apri ke tempat nenek...Dan ternyata adiknya yang bawel dan cengeng bisa juga memberi hawa sejuk buat liburannya kali ini. Dan yang luar biasa, dari berangkat hingga sampai di rumah nenek, adiknya yang berkuncir dua selalu duduk manis sambil mainin boneka.

...Sementara itu, di rumah Prita terbengong-bengong karena semua rencananya harus batal demi seorang gadis kecil enam taon yang kangen sama neneknya di desa....

Title: Rencana
Pernah dipublikasikan di majalah Konjungtur Atmajaya Jogja Edisi 5/V/Desember 1998

4 komentar:

  1. kapan nih cerpennya difilmkan, Apri-nya udah ada tuh hehehe...

    BalasHapus
  2. iya, kok bisa2nya tokohnya APRI siii...apa gak ada nama yang lebih keren. mis : enny. hiksssssss

    BalasHapus
  3. wah apri yg itu ada maknanya..itu kan cerpen jadul jeng...uhukkkks

    BalasHapus